by

HMPS Sasindo Gelar Pelatihan Advokasi Literasi Pertama

Ramsi.id, Makassar – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra Indonesia (SASINDO) DEMA JBSI FBS UNM, menggelar pelatihan advokasi literasi, di Ruang Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNM, Rabu, 5 Februari 2020.

Salah satu pemateri, Asratillah saat membawakan Filsafat Advokasi mengapresiasi kegiatan yang dianggapnya merupakan pelatihan advokasi literasi yang setahunya pertama kali digelar. “Pelatihan advokasi sudah sering, tapi pelatihan advokasi khusus literasi ini, baru,” katanya.

Lanjut Asra, advokasi literasi memang seyogyanya didorong, sebab persoalan literasi memang bukan hal yang sederhana.

Ketua Umum HMPS Sasindo DEMA JBSI FBS UNM, Ayatullah Patullah mengatakan, kegiatan pelatihan advokasi literasi ini merupakan salah satu program kerja divisi advokasi yang bertujuan untuk membina mahasiswa khususnya mahasiswa sastra Indonesia UNM agar mempunyai daya kritis yang tinggi dan lebih peka terhadap sekitarnya.

“Pelatihan advokasi literasi ini berbeda dengan pelatihan advokasi sebelum-sebelumnya. Pelatihan advokasi berfokus kepada pengawalan literasi, yakni ketimpangan-ketimpangan yang terjadi dalam literasi dan mencari solusi bersama,” katanya.

Pelatihan yang diikuti 50an peserta ini menghadirkan 4 materi yaitu analisis sosial dalam dunia literasi, studi kasus ranperda literasi di maros, filsafat advokasi, dan dekonstruksi gerakan literasi.

Sekedar diketahui, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk rangkaian kegiatan menuju Pekan Sastra III yang merupakan wadah apresiasi kesusastraan berbagai kalangan.

banner 728x80
banner 728x80
banner 728x80
banner 728x80
banner 728x80
banner 728x80
banner 728x80
banner 728x80

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed